“Akan datang kepada manusia suatu masa ketika kemanisan hati berubah menjadi asin. Sehingga, pada hari itu, orang yang berilmu dan orang yang mempelajari ilmu tak dapat mengambil manfaat dari ilmunya. Maka, hati orang-orang berilmu seumpama tanah kosong yang bergaram yang turun atasnya hujan dari langit maka tidak juga menjadi tawar. Yaitu, apabila condong hati orang berilmu kepada cinta dunia dan melebihkannya atas cinta akhirat, maka pada saat itu dicabutlah oleh Allah sumber-sumber hikmah dan dipadamkanlah lampu petunjuk dari hati mereka. Maka, akan berceritalah kepadamu orang yang berilmu di antara mereka itu, ketika engkau menjumpainya bahwa ia takut kepada Allah dengan lisannya, sementara kezhaliman jelas kelihatan pada amal perbuatannya. Alangkah suburnya lidah mereka dan tanduslah hati mereka ketika itu! Tidaklah terjadi yang demikian itu selain karena para guru mengajar bukan karena Allah dan para pelajar belajar bukan karena Allah.” (Ibnu Mas’ud r.a.)

Iklan

About Akhmad Muhaimin Azzet

Menulis untuk media cetak, buku, dan blog. Editor freelance di beberapa penerbit buku. Saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Yogyakarta.

6 responses »

  1. Hastira berkata:

    terimaskih sudah banyak mengingatkan.

    Suka

  2. angkislandki berkata:

    Subhanallah ustadz… jiwa” ini bagaikan slelau tertusuk” dengan semua yg datang dari Rabbnya… apakah kita tlh benar” berada di jaman itu… sungguh bagai memegang bara api ustadz….

    Suka

  3. Titik Asa berkata:

    …cinta dunia dan melebihkannya atas akhirat…
    sepertinya sudah banyak yg demikian saat ini…

    Tulisan yg singkat namun sarat dgn makna.
    Terima kasih telah berbagi, Mas.

    Salam,

    Suka

    • Semoga hidup kita berjalan dalam petunjuk-Nya ya, Pak Titik Asa. Agar kita bisa memperlakukan dunia untuk kehidupan yang abadi di akhirat kelak. Ohya, sama-sama ya, Pak, makasih juga telah singgah kemari.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s